RAPAT KOORDINASI INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM)

Hesti Utami 26 Maret 2019 14:09:40 WIB

Panggul 26 Maret 2019. Untuk meningkatkan pembangunan di desa-desa khususnya Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek telah diadakan rapat koordinasi Indeks Desa Membangun (IDM) di balai rakyat Kecamatan Panggul. Acara tersebut langsung dipimpin oleh Camat Panggul Bapak Edif Hayunan Siswanto, S.sos, M.Si.

Dari Desa Panggul menugaskan satu operator profil desa , Elsa Sulistyaningrum dan Sekertaris Desa Bapak Sukinto. Selain dari pihak desa, acara tersebut juga di hadiri oleh pendamping desa. Tiga desa yang menjadi tolak ukur dari Indek desa Membangun ini adalah desa Panggul, desa  Wonocoyo dan desa Gayam. Diharapkan dalam pertengahan bulan april ini semua desa yang ditunjuk mewakili selesai mengisi quesioner IDM agar klasifikasi desa dapat segera diketahui pemerintah pusat sebagai acuan perencanaan, pelaksanaak dan untuk evaluasi perkembangan desa.

 YUK CEK APA ITU IDM???

IDM, yang pastinya bukan Internet Download Manager ya, IDM atau Indeks Desa Manager  yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi pada pertengahan 2015. Dengan menggunakan 3 domain: sosial, ekonomi, dan ekologi teridentifikasi 174 desa mandiri. Indeks merupakan penilaian dari 54 indikator.  Pengukurang ini menunjukkan bahwa baru terdapat 174 (0,24%) desa dengan status mandiri dari 73.709 desa yang diukur. Sisanya berada pada status desa sangat tertinggal 13.453 desa (18,25%), desa tertinggal 33.592 desa (45,57%), desa berkembang 22.882 desa (31,04%), serta desa maju 3.608 desa (4,89%).

Desa sangat tertinggal dan desa tertinggal (63,82%) situasinya sangat rentan dan membutuhkan pendekatan kebijakan afirmatif, khusus dan tidak seragam karena kompleksitas masalah yang dihadapi. Situasi desa berkembang (31,04%) terkait dengan kerentanan jika ada goncangan ekonomi, bencana alam maupun konflik sosial akan jatuh menjadi desa tertinggal; Desa ini juga berada pada tangga transisi menuju desa maju dalam pengelolaan potensi, informasi/ nilai, inovasi/ prakarsa, dan kewirausahaan. Sementara desa maju (4,89%) situasinya sudah mampu mengelola daya ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi secara berkelanjutan menuju desa mandiri. (http://kedesa.id/id_ID/repository/indeks-desa-membangun-indonesia/)

MORE INFO clik PDFnya ....

 

Dokumen Lampiran : Rapat Koordinasi Indeks Desa Membangun (IDM)


Komentar atas RAPAT KOORDINASI INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PANGGUL

tampilkan dalam peta lebih besar